(0380) 826384 info@newtourismterritory.com

Berita

Berita Aktual Pariwisata.

NTT Harus Punya Badan Promosi Pariwisata

NTT Harus Punya Badan Promosi Pariwisata

KUPANG -- Provinsi NTT hingga saat ini belum memiliki lembaga khusus yang menangani promosi pariwisata.

Padahal, Promosi dana dunia kepariwisataan adalah hal yang amat penting. Karena itu, harus dibentuk suatu badan promosi seperti di daerah lain di Indonesia untuk bisa mempromosikan NTT ke luar daerah atau luar negeri.

Hal ini disampaikan Anggota Badan Promosi Pariwisata NTT, Mangku Nyoman Kandia ketika membawakan sambutan pada acara seremoni pembukaan event promotif East Nusa Tenggara Expo (EnTeX) VIII dan Komodo Travel Mart (KTM) II tahun 2014 di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, Selasa (17/6/2014) malam.

Menurut Nyoman, dunia pariwisata tidak akan bergairah jika tidak ada promosi. NTT dengan segala potensi yang ada, kata Nyoman, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menarik wisatawan, asalkan, ada promosi.

"Promosi itu penting dalam pariwisata. Harus segera dibentuk badan promosi pariwisata NTT. Dengan adanya badan ini agar kita bisa promosikan NTT," pintanya.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya yang diwakili Asisten II, Setda NTT, Andereas Jehalu mengatakan, Kegiatan EnTeX VIII dan KTM ke II tahun 2014 merupakan bagian dari promosi pariwisata NTT untuk memperkenalkan produk wisata yang kita miliki kepada para pengunjung dari luar NTT untuk peningkatan kunjungan.

Dia berharap, dalam kegiatan ini akan terjadi pertemuan pembeli dengan penjual yang menghasilkan transaksi penjualan produk wisata antara pembeli baik dalam negeri maupun luar negeri dengan para penjual yang merupakan pelaku usaha pariwisata di NTT.

"Pada penyelenggaraan KTM I di labuan bajo tahun 2013, telah menghasilkan transaksi bisnis Rp 9 miliar sehingga saya memberi apresiasi dan dukungan untuk penyelenggaraan KTM II ini. Dengan harapan terjadi peningkatan transaksi bisnis anta pelaku usaha pariwisata. Semoga kegiatan ini bisa menjadi jembatan emas pariwisata di NTT. Agar dunia bisa tahu pesona alam NTT dan budaya NTT yang kaya," ujarnya.

Panitia penyelenggara, Alex Sena dalam laporannya menyampaikan, EnTeX sebagai ajang promosi dan kerjasama di bidang kepariwisataan yang kali ini merupakan penyelenggaraan ke delapan dipadukan dengan komodo travel mart sebagai ajang pertemuan bisnis antar pelaku usaha baik pembeli dari luar NTT dan luar negeri dengan penjual pelaku usaha pariwisata di NTT.

Sumber (kupang.tribunnews.com)