(0380) 826384 info@newtourismterritory.com

Berita

Berita Aktual Pariwisata.

Lomba Foto Bawah Laut

Lomba Foto Bawah Laut

Lomba Foto Bawah Laut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan PT. Dinamika Media Nuansa Insani Jakarta sebagai salah satu usaha memperkenalkan pariwisata Nusa Tenggara Timur ke dunia luar, khususnya wisata bahari. Lokasi kegiatan Foto Bawah Laut Tahun 2014 diselenggarakan di Teluk Mutiara, Pulau Kepa dan Pulau Pura, Kabupaten Alor.

Event ini diikuti oleh 35 fotografer bawah laut berasal dari Jepang, Singapura, Malaysia, Vietnam, China, Korea dan Indonesia. Sedangkan yang berhasil masuk dalam semi final yaitu peserta dari Jepang, Singapura, China dan Indonesia. Pertimbangan melibatkan peserta fotografer bawah laut professional dalam event ini adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata bahari di Nusa Tenggara Timur.

Foto Bawah Laut dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 18 September 2014. Acara pembukaan lomba dilaksanakan di Pantai Sebanjar Desa Alor Besar, dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Alor Bapak Hofni Bukang dan dihadiri oleh unsur Forkompinda, Pimpinan SKPD serta masyarakat di sekitarnya. Adapun kategori yang diperlombakan adalah Wide Angle dan Macro. Lomba Foto Bawah Laut ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 190.000.000,- (Seratus Sembilan Puluh Juta Rupiah) dan plakat.

Hasil Lomba:

Kategori Lomba (Wide Angle):

  1. Juara I: Steven Kho (China)
  2. Juara II: Ria Qorina (Indonesia)
  3. Juara III: Yuriko Chikuyama            (Jepang)

 Kategori Lomba (Macro):

  1. Juara I: Ferry Rusli (Indonesia)
  2. Juara II: Dewi Wilaisono (Indonesia)
  3. Juara III: Fredly Taher (Indonesia)

 

Kegiatan selanjutnya dalam rangkaian Foto Bawah Laut adalah Seminar Hasil Foto Bawah Laut yang juga dilaksanakan di Alor bertempat di hotel Kenari Kalabahi pada tanggal 19 September 2014. Seminar ini menghadirkan beberapa ahli di bidang fotografi dan mitra pariwisata serta diikuti oleh Forkompinda Kabupaten Alor, Sekretaris Daerah Kabupaten Alor, Kapolres Alor, dan pelaku usaha pariwisata. Agenda kegiatan ini adalah membicarakan tentang berbagai potensi wisata bahari yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Timur yang direncanakan dikemas dalam sebuah buku yang diberi nama “Alor Underwater”.