(0380) 826384 info@newtourismterritory.com

Destinasi

Destinasi Objek Wisata NTT


Danau Rana Mese

Danau Rana Mese berlokasi di Desa Golo Loni Kecamatan Borong, berada tepat di lintasan jalur jalan Negara yang menghubungkan kabupaten-kabupaten di pulau Flores. Danau Rana Mese berada di dalam wilayah hutan lindung dan dikelilingi oleh barisan pegunungan Mandosawu dan Poco Ranaka diantara wilayah kecamatan Borong dan Poco Ranaka. Karena itu banyak orang beranggapan bahwa Danau Rana Mese merupakan permata yang tersembunyi di balik gunung Mandosawu. Danau Rana Mese berada di ketinggian 1200m di atas permukaan laut dengan luas areal danau ini sekitar 11,5 hektar dan kedalaman 43m pada bagian cekung.

Danau Rana Mese memiliki hutan tropis lebat yang mengitari danau sehingga membuat udara di sekitarnya sangat dingin. Tidak hanya keanekaragaman tumbuhan tropis, danau Rana Mese juga memiliki keanekaragaman biota bawah air seperti ikan air tawar Karper ( Cyprinus Carpio ), Mujair ( oreochromis Mossambicus ), Belut dan udang. Areal hutan di sekitar danau juga menjadi habitat bagi beberapa jenis hewan jenis mamalia besar seperti monyet ( macaca fascicularis, landak ( hystrix Javanica ), babi hutan ( Suscrofa Vitatus ) dan musang ( Paradixurus Hermaproditus ) dan beberapa jenis burung migran : Belibis ( Anas Querquedula ) dan Pecuk ( halacrocorax Malanoleucos ) serta mamalia endemik seperti tikus raksasa (Papagomys Armandrillarei), tikus Poco Ranaka (Rattus Haenaldi), Kelewar Flores (Chypnoterus Nusa Tenggara) dan Burung Hantu Flores (Ooptus Alfredi). Kondisi air di danau
Rana Mese sangat jernih sehingga digunakan sebagai sumber air minum dan irigasi bagi masyarakat di sekitar danau.

Aktivitas: yang dapat dilakukan di danau Rana Mese yaitu: memancing, trecking mengelilingi danau sambil mengamati tumbuhan dan hewan tropis di dalam areal hutan di sekitar danau serta berkemah.

Aksesibilitas:
Danau Rana Mese dapat ditempuh dari Ruteng maupun dari Borong. Apabila berangkat dari Ruteng anda bisa menempuh perjalanan sepanjang 21 km dengan waktu tempuh 30 menit. Sedangkan apabila melalui Borong, perjalanan anda menempuh jarak sekitar 35km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Kontak Kami